Tutorial Dasar skin truck Euro truck simulator 2 (layer teknik)

Selamat pagi kali ini saya akan membuat tutorial Layering teknik untuk membuat skin truck pada Euro Truck simulator 2 menggunakan adobe photoshop
Bahan :
1. Siapkan Template
2. Adobe photoshop
3. kopi+susu

Langkah - langkah
  • Buka Template menggunakan photoshop
  • Kemudian Pilih "Rectangular Marquee Tool" dan seleksi pada bagian samping truck lihat langkah Berikutnya

truck template
Truck template

  • Setelah ter seleksi(Terlihat garis putus2) kini saatnya mengurangi seleksi yang  tidak dibutuhkan. Klik Substract from selection (lihat gambar dibawah ini).
truck reskin


  •  Jika sudah, seleksi kembali dimana seleksi akan dikurangi(dimulai dari angka satu klik+tahan hingga angka 2 lalu lepaskan/lihat gambar) tujuannya agar bagian lain dari truk tidak terpotong nantinya

create skin truck
  • Kemudian kita akan mengurangi seleksi agar press/fit dengan  template bagian samping truk. pilih Magic wand tool(W) angka1. kemudian pilih Subtract from selection angka2. kemudian jika cursor sudah berubah menjadi tongkat(lingkaran hijau), Klik di bagian yang saya tandai dengan warna merah. atau dibagian luar garis template truk namun tetap berada di dalam garis seleksi(garis putus).
Photoshop layervolvo template

  • Jika langkah diatas benar maka akan terlihat seperti gambar dibawah. terlihat garis putus2 mengikuti bentuk template truk. 
skin truck ets2

  • Selanjutnya tekan CTRL+C(copy) lalu CTRL+V(paste), Tujuannya membuat layer baru sesuai bentuk samping truk.

photoshop

  • Ubah warna layer truk menjadi terbalik/invert (CRTL+i). kemudian pas kan posisi layer tepat seperti bagian layer background, tujuannya agar nantinya posisi design tepat saat dipasangkan pada truk. untuk hasil yang presisi dan pas, perbesarlah tampilan/zoom, kemudian pakai Arah panah pada keyboard untuk mengatur posisi layer.


  • Kemudian pilih layer tadi pada jendela layer(bagian samping kanan). dobel klik angka1. akan muncul jendela layer style(angka2).


  • Kemudian pilih Gradient Overlay untuk mewarnai layer samping truck. Disini saya menggunakan Gradient overlay hanya sebagai contoh yang mudah, anda bisa mengkreasikan dengan cara selain gradient overlay.


  • Kembali ke tutorial, setting gradient seperti pada gambar. Pilih gradient dengan cara klik kotak warna gradient  set Opacity ke 75% untuk memposisikan arah gradasi agar pas dengan design truk. untuk memutar arah gradasi klik Angle lalu isi dengan 101derajat. jangan lupa mengembalikan Opacity ke 100%. jika sudah klik OK.


  • Selanjutnya membuat bagian balik dari samping truk.pilih tab Layer-Duplicate Layer, atau tekan ALT+shift klik lalu tahan dan geser dan lepaskan. (lihat gambar).


  • Balik posisi layer2. tekan CTRL+T, lalu set Width dari 100 ke -100(kolom dengan logo W: dibagian atas).jika sudah enter. maka layer yang tadi digandakan akan berubah menjadi berlawanan/mirror.


  • Bagian terakhir posisikan layer sesuai template, atur juga posisi gradientnya agar tampak singkron.pakailah garis bantu(warna biru) agar arah gradient pas dengan layer pertama tadi.


Demikian tutorial membuat skin truk euro truck simulator 2/ ets2. menggunakan layer teknik dengan photoshop. sampai jumpa di tutorial/ cara membuat skin/ mod ets2 berikutnya. bagi yang masih bingung saya menyediakan file .psd dari tutorial diatas yang dapat anda pelajari

3 comments

  1. Replies
    1. Di save dengan format .DDS atau .BMP
      Kalau DDS perlu plugin .dds for photoshop dulu(di instal) kalau .BMP tidak butuh plug in

      Delete
  2. Bingung juga tutornya ada angka 1 itu apa terus lihat gambar itu gambar yg mana mas ...

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon