Euro Truck Simulator 2 Error/Crash setelah pasang mod

ets2 crash
Stopped Working
Sedang asik-asiknya dan semangat nyobain mod baru ets2, eh tahu-tahu Euro Truck simulator 2 was Stopped Working, Not Responding, Crash to Dekstop (CTO). Menjengkelkan bukan? Kali ini saya akan membahas apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi apabila kita mengalami Error saat bermain Euro Truck Simulator 2.


  • SYSTEM REQUIREMENT

ets2 spek komputer
sumber : sage200
 Spek yang dibutuhkan pada game Euro Truck Simulator 2 adalah :

MINIMUM 
OS: Windows 7
Processor: Dual Core CPU 2.4 GHz
Memory: 4 GB RAM
Graphics: GeForce GTS 450-class (Intel HD 4000)
Hard Drive: 3 GB available space
RECOMMENDED 
OS: Windows 7/8.1/10 64-bit
Processor: Quad Core CPU 3.0 GHz
Memory: 6 GB RAM
Graphics: GeForce GTX 760-class (2 GB)
Hard Drive: 3 GB available space
Sumber : Euro Truck Simulator 2 Official Website

Untuk sistem operasi Linux dan Mac silahkan kunjungi website resminya. Untuk pengguna windows pastikan Spesifikasi komputer atau laptop kamu memenuhi kriteria diatas. Karena salah satu penyebab terjadinya Crash pada ETS2 adalah spek komputer yang kurang tinggi sehingga akan mengalami drop fps, dan kekurangan memory baik processor, ram/vga sehingga akhirnya mengalami crash to desktop.


  • MOD TIDAK KOMPATIBEL

mod tidak kompatibel dengan ets2
Masalah incompatibility issue
Sering kali saat kita baru saja menambah mod baru pada game Euro Truck Simulator 2 setelah dicoba dijalankan gamenya crash, stopped working. Bisa jadi penyebabnya adalah mod yang tidak kompatibel atau tidak cocok dengan versi ETS2. misalnya : mod bus yang di build untuk mod versi 1.18.xx keatas namun kita menggunakan ETS2 versi 1.17.xx maka kita akan mengalami crash saat mencobanya. Maka dari itu pastikan dulu bahwa mod tersebut cocok dengan versi ETS2 yang kita miliki sebelum instal/download.
NB : biasanya selalu terdapat keterangan mod untuk ETS2 versi berapa pada mod itu sendiri. letaknya bisa pada keterangan halaman download, di dalam .rar atau .zip mod dll.


  • MOD AKTIF TERLALU BANYAK 

scs mod ets2
Folder mod ets2
Mengaktifkan terlalu banyak mod bisa saja menyebabkan Euro Truck Simulator 2 Crash/Error. hal ini disebabkan karena mod Crash/Bentrok satu sama lain. Terutama mod yang sifatnya adalah replace, bukan Standalone. mengaktifkan banyak mod juga membuat game dan komputer bekerja Extra karena harus me load semua mod yang kamu gunakan, tidak jarang hasilnya lag/fps drop pada saat di mainkan. untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengaktifkan mod-mod yang ingin kamu pakai saat itu jadi tidak harus semua di aktifkan.


  • USER PROFILE ERROR

ets2 error
User Profile error
Pernah mengalami error setelah memilih profile seperti gambar diatas ?. Hal tersebut disebabkan karena ada mod yang hilang/ter-Rename file .scsnya. karena pada setiap save/autosave user profile terdapat data : mod mana saja yang digunakan/diaktifkan oleh user profile tersebut dan nama file xxx.scs itu sendiri sebagai acuannya. sehingga apabila kita sembarangan menonaktifkan/menghapus dan me-Rename mod yang kita gunakan sebelumnya pada user profile tersebut maka akan muncul error seperti diatas. dan apabila diteruskan mengakibatkan lokasi save terakhir di map akan tereset dan kembali ke home Base Garage, reset game dari awal, dan yang paling buruk Crash tidak dapat digunakan.
jadi sebelum menonaktifkan/hapus/rename pastikan dulu Save terakhir kamu berada di posisi tidak menggunakan trailer, truck, aksesoris yang bersifat mod. 

Cara paling aman adalah :
1. Gunakan truck original game
2. Posisi tidak sedang Misi/ antar barang
3. Jual/lepas semua Truckaksesoris di Garasi yang bersifat mod(bukan ori ETS2)
4. save di posisi bengkel/garasi
jika sudah silahkan hapus/nonaktif/rename mod yang kamu inginkan.


  •  CRASH/ERROR SAAT LOADING

ets2 loading crash to dekstop
Sumber : ETS2.LT
Error yang disebabkan oleh mod, kebanyakan akan crash pada posisi loading akan mencapai 100% seperti gambar diatas. jika kamu mengalami hal serupa maka bisa dipastikan salah satu penyebab crash adalah berasal dari mod yang terakhir kamu pakai.


  • Crash Tiba-tiba di tempat tertentu

pasang mod ets2 error
Crash tiba-tiba
 Salah satu penyebabnya dari crash tiba-tiba/setiap melewati map tertentu adalah :
- Tiba-tiba muncul trafficmod saat kita roll'n road yang membuat error (bisa mobil, truk, trailer dll.)
- Mod map error (misal mod SPBU, Terminal Bus dll. tidak kompatibel)
- Map lag pada titik tertentu(Banyak mod map yang bagus namun juga membutuhkan spek tinggi)

Sekian, Semoga bermanfaat

Baca juga
- Cara menggunakan mod ETS2 terbaru
- Cara membaca crashlog pada Euro Truck Simulator 2 (on progress)

85 comments

  1. gan ane error di user profile load itu, padahal baru bikin jadi ga ada load save nya tapi tetep error, solusinya gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba main new profile tanpa mod apapun termasuk MAP mod.

      Delete
    2. Makanya itu gua juga pusing keluar save loading error padahal dah beli dlc lagi fak

      Delete
  2. Replies
    1. banyak di google yang udah repack dan pak tani. tapi mending beli di steam, bisa backup, tanpa bug, update cepet dan yang pasti nggak ribet2 nyari crak

      Delete
    2. skrg aj beli nya bro lgi diskon xD

      Delete
  3. Mas kok bis mod indonesia gak bisa di pakek di ets2 scandinavia saya udah ubek ubek pulau kok gak ADA truk dealer mersedes benz

    ReplyDelete
    Replies
    1. mod yang dipakai apa? mod bus apa mungkin bisa dijelaskan nama/versi modnya. kalau bingung nyari dealer mercedes benz coba search di Google dengan kata kunci pencarian "ETS2 Dealer MAP", searchnya Image ya. kalau sudah dapet dealer mercedes benz tapi busnya belum muncul kemungkinan modnya nggak support sama versi Euro Truck Simulatornya. coba juga cari di dealer Iveco/Daf/Volvo

      Delete
  4. Untuk macbook mana ya linknya gan? (gak dapet2 cari pencerahan ) tolongin mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sendiri belum pernah mencoba Euro Truck Simulator 2 di Mac/ Apple. coba agan pakai versi Steam dulu saja. kemungkinan bisa. atau agan download versi trial nya Euro Truck Simulator 2 di websitenya langsung

      Delete
  5. Gan mw tanya
    Knapa pas ujan grafik butiran ujannya mlh jadi kotak2 ???
    Mhon pencerahan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan pakai versi (ori/beli) atau bajakan. sudah ada 2 kasus. kemungkinan itu fix bug krak2krak an.

      Delete
    2. Punya ane jg begini ni.tp khusus di win 10 aja.klw win 7.normal

      Delete
    3. Punya ane jg begini ni.tp khusus di win 10 aja.klw win 7.normal

      Delete
  6. Gan punya ane versi 1.23.1.1s (32bit) setiap liat kendaraan dari arah berlawanan lewat spion jauh ke jauhan langsung ngilang kendaraan nya

    ReplyDelete
  7. gan kalau trailer/kargo kita menghilang dijalan, gara gara apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi bug gamenya bajakan kalau agan pake yg krak2an. atau agan me-load save game saat bawa cargo terus ente ganti/nambah/copot mod. itu berpengaruh

      Delete
  8. admin, saya udah pasang mod lalu buka game seperti biasa tanpa ada crash nah pas lagi di pause di bawah tulisan bar yang di bawah ada tulisan (The game contains authorized modification. No support is available for modified game. In case of problems or crashes try to remove your mod packs). tapi kalau di maenin seperti biasa lancar min, cuma modnya jadi ga kepake gitu ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jir sama kek punya ane

      Delete
    2. semua memang kayak gitu kalau dipasang i mod. itu cuma notif kalau agan masang mod di folder mod. kalau terjadi crash dll coba lepas modnya(begitu bunyinya) peringatan aja itu

      Delete
    3. Itu ada yang nggak beres sama modnya sendiri. Mod daf yg kamu pakai. Mending pakai mod lain. Atau report ke pembuat mod yang kamu pake tadi

      Delete
  9. gan,pas ane setel musik dari ETS2 versi 1.25(kloningan) pasti kluar "steam has stopped working" itu knp ya? ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending stel musik pake app player mp3 diluar game aja. kemungkinan bikin berat game jadi smpe stopped working. terus juga kemungkinan bug kloningan juga

      Delete
  10. gan kalo ane udah beli busnya.setelah saya beli grafiknya ceket ceketan solusinya gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakemod memang terkadang menambah beban vga, jadi grafiknya tersendat dll. Nge lag. Coba turunin semua grafik settingnya ets2. Jangan kebanyakan aktifin mod. Masih lemot? Ya agan terpaksa harus upgrade pc

      Delete
  11. saya punya versi 1.25.0.0 Full DLC
    Tapi saya pasang mod Mega Store pack bikin crash saat
    Jadi dimana yang cocok untuk pasang mod

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu sebelum download mega store pastikan ada keterangan bahwa mod tersebut support pada euro truck simulator2 ver 1.25.xx kamu. Kalau mendukung dan masih crash coba report/hubungi si pembuat modnya. Kalau tidak mendukung versi tersebut yang mending cari mod lain soalnya mod trsbut tidak dibuat untuk ver tsb jadi nggak support/crash

      Delete
  12. Saya mau nanya sob. ETS2 saya kok gak mau load data semenjak update driver

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada mod yang hilang/nggak di aktifkan. dan ada mod yang tidak support dengan update an itu. mending new profile saja

      Delete
  13. ada yang tau rekomendasi download ets 2 mod maps 6.0

    ReplyDelete
  14. Kira kira ntar ets 2 diskon ga ya ? pas winter sale di steam v:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti ada diskon Euro Truck simulator 2 winter sale di steam. tunggu saja

      Delete
  15. Kalo cara aktifkan map ets 2 gmn bang ?

    ReplyDelete
  16. itu bug modnya gan. atau coba cari mod ban/ tire mod for ets2. saya biasa pakai alcoa wheel pack for euro truck simulator 2.

    ReplyDelete
  17. Gan saya mau tanya. Saya make mod map izi by ridho. Waktu diaktifkan di gamenya tidak muncul modnya. Tolong pencerahannya

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Ini dia game yang sangat fenomenal banget

    ReplyDelete
  20. cara bayar karcis ets2 1.26.2 gmana ya ? kalo versi bawah nya kan ada tanda ijo, kalo sekarang ga ada
    ane dari 1.25 lompat ke 1.26

    ReplyDelete
  21. gan ane update ets2 ke yg lebih tinggi.tapi pas di instal keluar gini "steam version for this game not suppirted by this update " solusinya gimana ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. update annya nggak support/cocok. ets2 yang agan pakai versi tani apa ori steam? kalau steam yang harus update steamnya (konek inet) kalau tani harus download ulang game keseluruhan. ndak bisa di kawin silang antara tani dan steam updatenya

      Delete
  22. gan kalau stir busnya gak ada dimana kesalahannya,solusinya apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. mod bus belum kompatibel dengan ets2 versi terbaru. banyak yang masalahnya sama seperti itu. jadi tunggu saja mod bus terbaru yang sudah fix untuk versi ets2 baru

      Delete
  23. Gan numpang nanya,gini gan ane abis masang mod HSM,tapi pas play kok ga ada trucknya ya,hanya bus sama mobil kecil saja,apa emang begitu? traffic juga ga ramai

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentrok sama mod lain kemungkinan. atau mod map tersebut memang menghilangkan/mengurangi traffic trucknya di bagian defnya

      Delete
  24. mas kok ane pasang ep3 by m.husni di ets v1.23 crash ya pdhl udah ku mskin def 1.23

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai mod 1 saja dulu jgn digabung dengan mod lain

      Delete
  25. kok punya saya tak pasang mod kok selalu steam has stopped working ya? mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mod nya sudah di cek apakah kompatibel dengan versi ets2 yang agan pakai sekarang?

      Delete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. kok pnya saya pasang mod all new kijang inova pas mau masuk dealer steam has stoped working kenapa ya? mohon pencerahahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentrok sama steamnya gan. pakai ets2 ori apa paktani? bisa jga itu mod crash.. coba lepas semua mod yang terpasang atau new game terus pilih modnya all new kijang saja. lainnya jangan dipakai. kalau nggak crash berarti mod kijang itu ada yang crash dengan mod agan yang lain

      Delete
  28. gan mau tanya, klo ane udah ngeload mod nya. nah pas ane milih head office nya kok ga ada negara yang bisa ane pilih yah. di confirm selection ga berubah juga. itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan pakai mod map apa di ets2? sudah di centang semua mod mapnya?

      Delete
  29. mas kalo laptop ram 2gb bisa gk maen ets 2 ? atau di setting dulu.
    newbie

    ReplyDelete
  30. Mas kok ets2 saya yg versi 1.26 trailer nya menghilang di tempat nya ya. Pas saya pindah pe profil lain trailernya langsung ada di tempat nya

    ReplyDelete
  31. Ane install heavy cargo pas dimainin setelah bbrp kilo perjalanan trailer/cargo kok bisa hilang entah kmna? Mohon pencerahan

    ReplyDelete
  32. Bro ko ane kalo pasang mod pas loading di profile nya keluar mulu, kenapa tuh kira kira?

    ReplyDelete
  33. gan mau nanya kalo pas main tiba tiba mental gimna ya .saya sudah ga pake mod tapi masi aja mental langsung keluar ke layar utama

    ReplyDelete
  34. gan minta solusi game ane suaranya koq gak mau pindah ke speaker aktif ya waktu dikonekkan tetep ac di dalam lptopya suara nya terdengar

    ReplyDelete
  35. gan saya mau tanya. ini saya kan kepingin nih menjalankan misi pake mod bus. nah saya udah download eaa map. v1.27. setelah di pasangin kok tetap crash ya gan padahal versi nya sama. mohon pencerahanya gan

    ReplyDelete
  36. mod yang cocok buat ets2 v1.27 apa ya gan.. yang bisa misi pake bus.

    ReplyDelete
  37. Cara masukin def ep3 di ets 1.23 gmana ya? Gagal trus nih

    ReplyDelete
  38. Mas cara mengatasi crash saat beli bus trus ane ganti smua trus ane furchase kok tiba"crash?
    Tolong solusinya mas

    ReplyDelete
  39. mas cara mengatasi crash pada map jowo ... setiap saya mai ets v1.26 pakai map jowo v7 .. selalu ngcrash pas di daerah semarang .. kira kira apa ya solusinya ..mohon jawabannya

    ReplyDelete
  40. Map jowo v7 rute dari malang ke Surabaya kok crash yea... Mohon pencerahan

    ReplyDelete
  41. map jowo v7 nya kok ga mau jalan ya..salahnya dimana...infonya donk...saya pake ets2 v1.25

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk pke mod jg has stoped working gan cara trunkan grafik gmn ap dr pc ap di seting game nya gan???

      Delete
  42. Gan pernah pake ets 2 italia asli sih,nah pas ujan kok jadi kacau layarnya,,,trus pas saya kasih mod avanza riandry pas ngegame langsung stop working,,pas masuk lagi ke ets nya semuaaa save nya crash detected,,,tolong gan pencerahan

    ReplyDelete
  43. Min, gmna sih cara nyocokin mod d ets2 (1.27) sma mod map indo dan mod yg lain?

    ReplyDelete
  44. gan mod map ets 1.27 gak ada yang cocok pasti saat new profile gak ada save nya (eror)

    ReplyDelete
  45. Gan saya pasang mod grapichs racikan masako craypyptli udh ane hapus tpi tetep crash, gimana tuh ngtasinnya?

    ReplyDelete
  46. Maaf numpang tanya gan. Kenapa map jowo v7 gak mau di buka di v1.27 ya?padahal cara sudah bener dan susunan sudah sesuai,giliran di buka loadingnya lama dan malah out sendiri.mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  47. Maaf numpang tanya gan. Kenapa map jowo v7 gak mau di buka di v1.27 ya?padahal cara sudah bener dan susunan sudah sesuai,giliran di buka loadingnya lama dan malah out sendiri.mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  48. Tak mempan mengatasi has stopped karena disebabkan memory ram

    ReplyDelete
  49. Ahhh tak bisa lagi. Tadi buka map langsung kenapa mas?

    ReplyDelete
  50. Itu penyebab disebut keturunan Gta san andreas

    ReplyDelete
  51. ketika instal udah beres trus lanjut main lancar jaya. tapi ketika mau main lagi trus ga kebuka, ga ada pemberitahuan apapun di dekstopnya ada yg satu x86 yang satu lagi yang biasa, dua dua nya ga bisa kebuka..mohon bantuannya !!!!!!

    ReplyDelete
  52. Bang pnya saya ETS V1.30 kendalanya setelah saya buka folder ets ternyata ga ada folder mod jdi saya bngung naruk mod yg saya download ini dimana? Jdi saya buat folder mod sndri tapi saya kembali lagi ke game nya buka (file mod managernya) tetep mod nya kosong gmna ya bang please kasi pencerahan🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  53. Bang pnya saya ETS V1.30 kendalanya setelah saya buka folder ets ternyata ga ada folder mod jdi saya bngung naruk mod yg saya download ini dimana? Jdi saya buat folder mod sndri tapi saya kembali lagi ke game nya buka (file mod managernya) tetep mod nya kosong gmna ya bang please kasi pencerahan🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  54. Bang pnya saya ETS V1.30 kendalanya setelah saya buka folder ets ternyata ga ada folder mod jdi saya bngung naruk mod yg saya download ini dimana? Jdi saya buat folder mod sndri tapi saya kembali lagi ke game nya buka (file mod managernya) tetep mod nya kosong gmna ya bang please kasi pencerahan🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pertama kali instal memang belum ada. baru setelah masuk game maka folder mod akan muncul. setelah itu keluar dari gamenya (quit). lalu masukkan modnya (dalam format "nama_mod.scs" , ingat "scs". lalu baru masuk ke game dan cek di mod manager. kalau tetap tidak muncul pastikan lagi bahwa mod yang di dipakai tadi sudah support/masih support dengan ETS v1.30. karena beda versi bisa beda cerita. semoga membantu

      Delete


EmoticonEmoticon